Tips Bangunan Bambu

desain bangunan bambuSaat ini bahan bambu mulai menjadi tren baru bangunan cottage, café, kantin, bahkan rumah tempat tinggal. Struktur bangunan bambu mulai banyak muncul di sela-sela bangunan beton di banyak jalan protokol utama di kota-kota besar Indonesia terutama di Jakarta, Denpasar, Bandung, Medan, Semarang, Solo dan Yogyakarta. Namun sebelum anda memutuskan untuk membangun dengan bahan bambu, ada baiknya anda pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

  • Ketersediaan bahan bambu. Apakah di daerah anda bahan bambu tersedia dan mudah di dapatkan? Apakah bambu tersebut telah diawetkan?  Jika di daerah anda banyak bambu tapi tidak ada yang menjual bambu awet, berarti anda harus mempertimbangkan untuk mengawetkannya terlebih dulu, atau membeli bambu awet dari tempat lain. Pertimbangkan harga bambu dan trasportasi bambu tersebut jika anda memutuskan akan membeli dari luar daerah. Cari informasi penjual bambu awet dari internet atau kenalan anda jika diperlukan
  • Ketersediaan tenaga terampil. Pertimbangkan pula apakah ditempat anda ada tenaga terampil yang bisa membuat bangunan bambu. Harus di ingat bahwa tidak semua tukang bisa mengerjakan bahan bambu. Perlu tenaga khusus yang berpengalaman agar bangunan yang dihasilkan nanti dapat dijamin kekuatan dan keindahannya.
  • Sesuaikan bangunan dengan anggaran anda. Cari informasi berapa perkiraan harga per meter bangunan bambu. Untuk mendapatkan perkiraan yang rinci dan tepat, anda harus membuat desain dan gambar detail terlebih dulu, baru setelah itu bisa dihitung dengan tepat kebutuhan bambu dan bahan pendukung lainnya. Konsultasikan dengan desainer atau arsitek anda, berikan informasi sedetail mungkin mengenai spesifikasi bahan, luasan bangunan dan komponen lain  yang anda inginkan. Pertimbangkan juga tingkat kesulitan membangunnya nanti jika anda menginginkan desain yang tidak umum atau tidak biasa. Semakin detail dan sulit desainnya maka akan semakin tinggi pula biaya desain dan tentu saja biaya pengerjaannya. Pastikan juga arsitek anda mengerti membangun dengan bambu, juga pastikan berapa besar fee desiner/arsitek sebelum anda memesan gambar.
  • Apakah anda ingin bangunan anda dalam bentuk knockdown atau bisa dibongkar pasang atau banguanan yang dibuat langsung di titik lokasi bangunan anda.

Sidebar Menu

Link Sahabat

Air Ion Perak Sanggar Zapin Melayu Jual Bambu

Statistik Kunjungan

free counters

Like BambuAwet

Catatan Sumber: Sebagian informasi, referensi dan artikel yang disajikan di website ini kami kompilasi, sadur dan terjemahan dari berbagai sumber. Diantaranya dari buku Bamboo Preservation Compendium oleh Walter Liese & Satish Kumar, dari situs Inbar, situs Sahabat Bambu, buku Manual Pengawetan terbitan National Mission on Bambu Application, TIFAC India, juga pengalaman kami dan rekan-rekan perajin bambu Yogyakarta. Beberapa gambar yang ada juga berasal dari berbagai website dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Mohon maaf jika ada gambar yang belum mencantumkan sumbernya. Jika ada gambar milik anda yang memiliki hak cipta dan ingin dicantumkan sumbernya, harap hubungi kami.

Info dan Artikel

Page 1 of 4  > >>

Category: Berita Terkini
Posted by: admin
Brussel - Prospek industri bambu sangat menjanjikan. Pemanfaatannya tidak lagi terbatas pada kerajinan tangan dan industri kecil, melainkan meluas sampai infrastruktur dan sumber energi terbarukan.
Category: Artikel
Posted by: admin

Makan Bambu Muda Bisa Langsing dan Tak Mudah Kena Kanker

Category: Artikel
Posted by: admin
Bambu Petung atau Betung (Dendrocalamus asper) , tumbuh subur di Pulau Jawa, Sumatra, Sulawesi bahkan sampai ke kawasan timur Indonesia. Pemanfaatan bambu petung sebagai bahan bangunan telah dilakukan sejak lama, terutama untuk bahan penyangga atap rumah seperti reng dan usuk. Di Jawa Tengah, khususnya Magelang, bisnis reng bambu ini telah ada sejak lama dan masih bertahan hingga kini.
Category: Berita Terkini
Posted by: admin
Bambu ternyata telah dijadikan bahan untuk  mobil konsep yang futuristik dan tentunya bernilai tinggi. Cek this out..