Prinsip Koneksi Bambu

Prinsip dasar sambungan bambu

contoh sambungan yang benarDi halaman ini terdapat beberapa contoh sambungan dasar yang biasa diterapkan pada struktur bambu. Aplikasi secara tepat dan benar sangat penting dan mempengaruhi kekuatan dan keindahan struktur bambu yang anda buat. Berikut ini adalah prinsip-prinsip dasar yang perlu diperhatikan dalam membuat bangunan atau produk bambu lainnya:

  • Hindari menggunakan bambu yang muda atau masih hijau dan baru ditebang untuk bangunan bambu anda. Bambu sebaiknya dikerinkan dulu sebelum digunakan untuk keperluan konstruksi dan furniture
  • Gunakan bambu yang cukup tua, tapi tidak terlalu tua, karena jika terlalu tua kekuatannya juga sudah berkurang. Umur bambu yang dianjurkan adalah sekitar 3-4 tahun.
  • Jangan gunakan bambu yang telah terserang bubuk atau serangga lainnya. Bambu haruslah diawetkan terlebih dulu untuk memperpanjang usia bangunan anda.
  • Jangan gunakan bambu yang retak karena dapat mengurangi kekuatan struktur bangunan.
  • Gunakan teknik pemotongan dan sambungan yang benar ketika membuat bangunan bambu.
  • Gunakan bambu denga diameter dan ketebalan yang sesuai dengan kebutuhan proyek anda.
  • Hindari penggunaan paku, lebih baik menggunakan sambungan besi, nilon atau ikatan ijuk. Penggunaan paku secara langsung dibatang bambu dapat menyebabkan bambu retak bahkan pecah.
  • Jika bambu dipakai untuk tiang penyangga, pastikan sedapat mungkin bagian penopang bawah yang menjadi penyangga dipotong tepat menyisakan buku bambu, jadi jangan memotong di tengah ruas bambu.
  • Jika menggunakan sambungan baut, upayakan memasangnya disekitar buku bambu, karena pemasangan di tengah-tengah ruas dapat membuat bambu pecah ketika baut dikencangkan.
  • Manfaatkan keberadaan nodes (buku diantara ruas) ketika anda membangun menggunakan bambu. Buku bambu ini sangat penting, tiang bambu harus menyisakan buku di kedua ujung bambu untuk mempertahankan kekuatan, jika tidak tekanan akan menyebabkan ruas bambu menjadi retak dan pecah.
  • Memang sangat sulit dan bahkan mustahil untuk menemukan bambu yang memiliki panjang ruas yang sama, jika anda terpaksa memotong di bagian tengah ruas, gunakakan lah penguat dengan cara memasukkan kayu ditengah ruas tersebut untuk menggantikan posisi buku dan menjaga kekuatan bambu.

Sumber:merupakan terjemahan bebas dengan tambahan disana-sini dari GuaduaBamboo.


Sidebar Menu

Link Sahabat

Pilubang Resort Syariah Sanggar Zapin Melayu Jual Bambu

Statistik Kunjungan

free counters

Like BambuAwet

Catatan Sumber: Sebagian informasi, referensi dan artikel yang disajikan di website ini kami kompilasi, sadur dan terjemahan dari berbagai sumber. Diantaranya dari buku Bamboo Preservation Compendium oleh Walter Liese & Satish Kumar, dari situs Inbar, situs Sahabat Bambu, buku Manual Pengawetan terbitan National Mission on Bambu Application, TIFAC India, juga pengalaman kami dan rekan-rekan perajin bambu Yogyakarta. Beberapa gambar yang ada juga berasal dari berbagai website dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Mohon maaf jika ada gambar yang belum mencantumkan sumbernya. Jika ada gambar milik anda yang memiliki hak cipta dan ingin dicantumkan sumbernya, harap hubungi kami.

Info dan Artikel

Page 1 of 4  > >>

Category: Berita Terkini
Posted by: admin
Brussel - Prospek industri bambu sangat menjanjikan. Pemanfaatannya tidak lagi terbatas pada kerajinan tangan dan industri kecil, melainkan meluas sampai infrastruktur dan sumber energi terbarukan.
Category: Artikel
Posted by: admin

Makan Bambu Muda Bisa Langsing dan Tak Mudah Kena Kanker

Category: Artikel
Posted by: admin
Bambu Petung atau Betung (Dendrocalamus asper) , tumbuh subur di Pulau Jawa, Sumatra, Sulawesi bahkan sampai ke kawasan timur Indonesia. Pemanfaatan bambu petung sebagai bahan bangunan telah dilakukan sejak lama, terutama untuk bahan penyangga atap rumah seperti reng dan usuk. Di Jawa Tengah, khususnya Magelang, bisnis reng bambu ini telah ada sejak lama dan masih bertahan hingga kini.
Category: Berita Terkini
Posted by: admin
Bambu ternyata telah dijadikan bahan untuk  mobil konsep yang futuristik dan tentunya bernilai tinggi. Cek this out..